7 Mar 2011

CARA DIET SEHAT


Mengembangkan  kebiasaan makan yang sehat adalah  tidak begitu sulit  atau ketat seperti yang  banyak dibayangkan orang. Prinsip pertama dari diet sehat adalah makan berbagai macam  makanan. Hal ini penting karena makanan yang berbeda memberikan kontribusi gizi yang berbeda.

Sumber makanan yang perlu dikonsumsi adalah makanan dengan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang.  Sumber makanan yang lain adalah makanan yang mengandung  serat, vitamin,  mineral, rendah lemak, dan bebas dari kolesterol merupakan makanan yang sebagian besar harus dikonsumsi.  Sisanya harus datang dari produk susu rendah lemak, daging, unggas dan ikan.

Anda juga harus mencoba untuk menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran kalori-yaitu  tidak makan  lebih banyak makanan dari yang tubuh Anda dapat manfaatkan. Jika tidak, Anda akan mendapatkan  berat badan yang naik. Semakin aktif Anda beraktivitas, semakin Anda bisa makan dan tetap menjaga keseimbangan ini.

Diet tidak berarti  Anda harus mengabaikan makanan favorit Anda. Selama diet keseluruhan Anda seimbang yakni dengan makanan kaya nutrisi dan serat, tidak ada yang salah dengan sesekali  makan cheeseburger. Pastikan untuk membatasi seberapa sering  Anda makan makanan tersebut  dan mencoba makan dalam porsi kecil. Diet sehat tidak berarti  harus makan makanan yang hambar atau tidak menarik. 
 
Berikut ini pedoman dasar yang perlu Anda ketahui untuk membangun pola makan yang sehat
 1.  Makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti  buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan gandum.  Sumber makanan tersebut  relatif rendah kalori. Yang harus dimakan adalah 20 sampai 30 gram serat makanan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat. Ini akan memberikan efek yakni berkurangnya penggunaan insulin  dan gula darah menjadi rendah. Selain itu  memberikan manfaat kesehatan lainnya. Sumber makanan diatas juga menyediakan vitamin penting, mineral, dan fitokimia (penghasil  bahan kimia yang baik bagi kesehatan).

2. Pastikan untuk menyertakan makanan berupa  sayuran  dan buah-buahan yang berwarna hijau, oranye dan kuning  seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk. Antioksidan dan nutrisi lainnya dalam makanan tersebut  dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Makanlah lima atau lebih porsi sehari.

3 Batasi konsumsi makanan manis dan produk olahan gandum seperti roti putih, dan makanan ringan asin.


4. Kurangi lemak hewan. Lemak hewan  kaya lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan kesehatan lainnya. Pilih daging tanpa lemak rendah lemak..

5 . Kebutuhan lemak diatas dapat diganti dengan lemak trans, yang disediakan oleh minyak sayur yang terdapat pada makanan olahan atau makanan caepat saji.

6. Makan lebih banyak ikan dan kacang-kacangan, yang mengandung lemak tak jenuh sehat.

7.  Jaga asupan kolesterol Anda di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol hanya ditemukan di produk hewani, seperti daging, unggas, produk susu, dan kuning telur.

8. Makan berbagai makanan. Jangan mencoba untuk mengisi kebutuhan gizi anda dengan makan makanan yang sama tiap hari.  Ada kemungkinan bahwa tidak semua nutrisi penting telah terdapat dpada satu sumber makanan saja, dan  makan berbagai macam  makanan  membantu untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

9. Mempertahankan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium dari sumber makanan yang rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt.  Jika Anda tidak dapat mendapatkan jumlah yang optimal dari makanan maka minumlah suplemen.

10. Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral.

11. Menjaga berat badan yang diinginkan dengan l
atihan dan aktivitas fisik lainnya.

12.  Jika Anda minum alkohol, lakukan dengan terukur. Satu gelas sehari untuk batas maksimalnya. Kelebihan konsumsi alkohol menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dan minuman alkohol dapat menambah banyak kalori untuk diet Anda tanpa penyediaan nutrisi.

Demikian artikel ini, salam makanan sehat.

Keyword : makan yang sehat, diet sehat, pola makan yang sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar