25 Jan 2011

HUBUNGAN ANTARA GAYUS, HARGA CABAI……DAN NIKMATNYA SENSASI SAMBEL IJO (SAMBAL LADO PADANG)

Mas Gayus

Selama ini di TV acaranya semua tentang Gayus, tidak TV A, TV B, TV C................semuanya Gayus Tambunan. Sampai-sampai iklan ada yang pakai momen Gayus, ada juga lagu tentang Gayus.....bahkan Paman saya namanya juga Gayus, eh bukan, Jayus (ngelantur deh) komplet...Gayus-Gayus kasihan kau, dikenal kok lantaran korupsi. Tidak salah lagi,,, kita semua sudah jadi korbannya Gayus. Lah kok bisa.......lha dimana-mana kita debat tentang Gayus, di pasar, di kantor, di warteg...ngrasani Gayus semua. Padahal ibarat permainan sepakbola kita ini hanya penonton. Merasa paling pinter, bisanya cuma menghujat. Nggak tahu apa sebenarnya yang terjadi. Siapa yang benar, siapa yang salah. Sudahlah daripada bingung nggak usah mikirin hukum. Ibarat pepatah Gajah di pelupuk mata tampak, kuman di seberang lautan tidak nampak......heh...heh...Jangan-jangan anak kita jadi pengen seperti Gayus juga.....

Nah, gara-gara Gayus juga (versi saya) banyak orang terlena dan lupa kalu harga cabai sekarang mahal. Mencapai 100 ribu per kg....(lagi naik daun ni yee)...saking fonemenalnya para petani di daerah Purworejo, Jateng melakukan ronda tiap malam dengan senjata senapan angin di kebun cabainya. Namun beruntung bagi menteri perdagangan atau pertanian Indonesia, soalnya aman dari reshufle (Loh...), hingar-bingar berita Gayus menenggelamkan harga capai yang sebenarnya sangat tinggi....jadi Presiden lupa...ha...ha...
Cabai memang tidak bisa dilepaskan dari lidah masyarakat pecinta kuliner pedas. Ada orang yang apabila makan harus ada sambelnya, biar seger...ada juga orang yang makan satu bakwan (adonan tepung dengan irisan sayuran kemudian digoreng) dengan 5 cabai sekaligus. Ada yang menarik beberapa hari yang lalu tetangga cerita kalo beli gorengan, namun ada yang lain...sekarang tidak lagi pakai cabe.....lah mahalan cabenya daripada gorengannya...ada-ada saja.
Memang makanan-makanan khas Indonesia tidak bisa dipisahkan dari cabai. Sehingga cabai menjadi komoditas yang sangat diperhatikan nilai jualnya. Namun begitu sebagai pecinta kuliner sejati berbahan baku cabai, harga cabai mahal tidak masalah. Lupakan harga cabai dan mari kita coba resep istimewa ini. Kali ini saya akan berbagi resep tentang bagaimana membuat sambel hijau yang lezat :
Bahan-bahan :
-          15 buah cabai hijau, dipotong-potong
-          10 buah bawang merah
-          2 buah tomat hijau, dipotong-potong
-          1 Sendok teh garam
-          4 sendok makan minyak goreng
-           Jeruk nipis


Cara membuat :
-          Kukus (jangan direbus, bisa terlalu empuk dan banyak air) cabai hijau, tomat dan bawang merah selama 5 menit. Angkat dan tiriskan lalu tumbuk kasar.
-          Panaskan minyak goreng lalu tumis tumbukan tadi sampai layu. Tambahkan garam dan jeruk nipis.Aduk sebentar dan siap disajikan.
Tips sehat : Jangan lupa mencuci semua bahan dengan air bersih.

Makan dengan nasi hangat dan ikan teri goreng plus sambel ijo....dijamin lupa dengan pedasnya harga cabai.
Salam makanan sehat............

(Disarikan dari berbagai sumber, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar