28 Feb 2011

Cara Mempertahankan Energi Dalam Tubuh dengan Makanan Sehat

Karena energi begitu penting bagi kehidupan, maka dalam tubuh kita terdapat banyak enzim dan komponen sel yang bertugas mempertahankan tingkat energi agar berjalan baik dalam tubuh. Komponen sel membutuhkan nutrisi untuk dapat mempertahankan fungsinya, diperlukan saat penyimpanan dan transfer energi. Beberpa  nutrisi mempunyai fungsi untuk menjaga energi yang sehat dalam tubuh.

Dalam proses transfer energi dibutuhkan enzim untuk memecah makanan dan vitamin B dibutuhkan dalam proses tersebut. Sumber makanan yang baik dari vitamin B adalah biji-bijian.

Mempertahankan energi pada sel-sel yang sehat sangatlah penting. Karena energi akan disimpan dalam sel-sel sehat tersebut. Dalam sebuah produksi energi dari makanan sangatlah penting memperhatikan faktor-faktor lain. Sebagai contoh pikirkan tentang apa yang terjadi ketika Anda makan. Gula (glukosa) diperoleh  melalui proses pencernaan, selanjutnya memasuki aliran darah Anda. Tubuh Anda menanggapi glukosa dalam darah Anda dengan mengeluarkan insulin dari pankreas Anda ke dalam aliran darah Anda. Ketika insulin sampai ke salah satu sel anda yang memerlukan glukosa, maka glukosa tersebut melekat ke protein (reseptor) pada permukaan sel, kemudian membuka pintu gerbang dalam sel tersebut dan  membiarkan glukosa masuk ke dalam sel. Glukosa ini kemudian digunakan oleh sel untuk menghasilkan energi atau disimpan untuk produksi energi ketika dibutuhkan.

Banyak proses transfer energi dilakukan oleh enzim dan enzim tersebut adalah protein. Insulin adalah peptida. Terbuat dari asam amino dalam protein makanan diet anda. Reseptor insulin pada sel-sel adalah protein juga. Kualitas protein dalam tubuh ditentukan oleh kualias protein dalam makanan diet kita.

Salah satu kunci yang memegang peranan dalam penentuan kualitas makanan  adalah sebebrapa baik makanan mampu memasok asam amino. Protein berkualias tinggi ditemukan dalam makanan seperti ikan  (tangkapan alam)  bukan ikan budidaya, telur organik, kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian. Sehingga kita perlu menjaga sel tubuh kita untuk selalu sehat dengan sumber makanan sehat diatas. Sel sehat akan mampu mentransfer dan menyimpan energi dengan baik. Salam makanan sehat…. 


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar