16 Feb 2011

KEAJAIBAN PISANG DAN BERKAHNYA BAGI KESEHATAN TUBUH

Sumber kalium dan serat:
Pisang adalah salah satu sumber terbaik potasium, merupakan mineral penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan fungsi jantung. Pisang rata-rata mengandung 467 mg potasium  dan hanya 1 mg sodium.  1 pisang sehari dapat membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap aterosklerosis. Efektivitas makanan kaya kalium seperti pisang dalam menurunkan tekanan darah telah ditunjukkan oleh sejumlah studi. Sebagai contoh, para peneliti melacak lebih dari 40.000 profesional kesehatan Amerika selama empat tahun untuk menentukan dampak dari diet terhadap tekanan darah. Pria yang makan diet tinggi dengan makanan kaya potasium, serta makanan tinggi magnesium dan serat sereal, memiliki risiko substansial mengurangi stroke. Selain manfaat kardiovaskular, kalium yang ditemukan dalam pisang juga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan tulang. Sehingga membantu untuk mencegah tulang menipis.

Melindungi pencernaan:
Pisang telah lama dikenal untuk efek antasid mereka yang melindungi terhadap luka di perut dan kerusakan maag. Dalam satu studi, campuran sederhana pisang dan susu secara signifikan menekan sekresi asam. Dalam studi hewan, peneliti menemukan bahwa pisang segar melindungi perut binatang dari luka. Pisang melindungi lambung dengan dua cara: Pertama, zat dalam pisang membantu mengaktifkan sel-sel yang membentuk lapisan lambung, sehingga mereka menghasilkan lapisan pelindung  lendir yang melindungi dinding perut dari asam lambung. Kedua, senyawa lain dalam pisang yang disebut PI membantu menghilangkan bakteri dalam perut yang menjadi penyebab utama radang perut.
 
Sumber energi saat badan lemas:
Makan pisang adalah langkah yang cerdas jika Anda lemas. Jika seseorang terkena diare maka akan banyak kehilangan elektrolit.
Pisang dapat memberikan kalium, salah satu elektrolit yang paling penting, membantu mengatur fungsi jantung dan keseimbangan cairan tubuh. Sehingga dalam banyak kegiatan olahraga yang menguras tenaga seperti tenis, sepakbola banyak pemain saat jeda permainan yang mengisi perutnya dengan memakan pisang. Selain itu, pisang mengandung pektin, serat yang larut (disebut hidrokoloid a) yang dapat membantu menormalkan gerakan  saluran pencernaan apabila terjadi sembelit.Salam makanan sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar